Rabu, 09 Maret 2011

Perbaikan Ringan Mesin Cuci

Mengatasi kerusakan kecil pada Mesin Cuci

Mesin cuci setelah lama digunakan dan kurang perawatan, atau kurang telaten pada saat digunakan biasanya lama kelamaan akan mengalami gangguan atau kerusakan, berikut adalag beberapa tips untuk menanggulangi kerusakan kecil pada mesin cuci 1 tabung.

1. Mesin hidup tapi tidak berputar.

Panel instrumen semua berfungsi tapi tabung cucian tidak berputar dan hanya terdengar dengung.

Gangguan terjadi biasanya karena ada kabel power yang putus atau lepas. Coba periksa kabel yang terhubung ke dinamo, yang terletak di bagian belakang bawah, kemungkinan ada kabel yang putus atau lepas sambungannya.

2. Air cucian tidak mau keluar secara otomatis.

Gangguan terjadi biasanya pada komponen yang mengatur pengeringan air yang terletak di belakang mesin cuci bagian bawah tidak berfungsi, ( bentuknya kotak berwarna hitam yang terhubung ke tuast pengering dengan seutas kawat baja ). Buka komponen tersebut dari mesin cuci , lalu buka tempat sambungan kabelnya, karena gangguannya terletak disitu karena ada kabel yang putus atau lepas. Kalau tidak ada kabel yang lepas coba test dengan multitester kalau-kalau ada yang terbakar. ( Kalau terbakar ya....harus ganti deh )

3. Air dari selang mengisi tabung tidak mau berhenti.

Biasanya gangguan terletak pada membran pengatur level air.

Untuk penanggulangannya, coba periksa slang bening kecil transparant di bagian belakang mesin cuci yang menghubungkan tabung cucian ke membran. Gangguan terjadi biasanya karena selang lepas atau bocor, perbaiki / ganti lalu pasang lagi.

Kalau dengan langkah itu tidak bisa, berarti ada kerusakan pada membran.

4. Air dari slang yang ke tabung cuci tidak keluar.

Gangguan terjadi pada komponen pengatur air yang teletak pada bagian belakang atas mesin cuci.

Untuk mengatasi coba buka tutup bagian belakang atas mesin cuci , cek componen pengatur air denga multi tester ( kabel dicabut dulu ) kalau normal kemungkinan gangguan hanya karena kotoran yang menyumbat atau nempel pada karet klep, atau posisi masangnya tidak lurus. Tapi kalau pengecekan dengan multi tester menunjukan angka yang kecil berarti komponen tersebut sudah lemah dan harus diganti.

5. Terdengar bunyi gradag grudug saat pengeringan.

Pada saat tabung berputar untuk pengeringan terjadi bunyi gradag-grudug yang keras sekali. Gangguan terjadi biasanya karena posisi pakaian yang ada didalam mesin cuci terlalu berat ke satu sisi sehingga putarannya tidak seimbang ( terutama bila cucian terlalu sedikit ). Kemungkinan lain karena mur pengunci tabung cucian longgar.

Untuk mengatasinya, hentikan putaran mesin dengan cara membuka tutup mesin cuci, lalu betulkan cucian supaya tidak terlalu tergulung, tutup lagi cover mesin cuci untuk melanjutkan pengeringan, bila masih terjadi , ulangi penguraian pakaian dan tutup lagi.

Kalau gangguan terjadi karena mur yang longgar, pertama buka tutup plastik yang ada pada tengah tabung dengan obeng (Listrik ke mesin cuci cabut dulu) lalu buka mur dengan obeng plus, selanjutnya piringan pemutar cucian dicabut ( mur pengunci terletak dibawah piringan pemutar cucian ) terus mur pengunci kalau longgar atau terganjal kotoran dibersihkan dan kencangkan agar pada saat berputar tidak goyang, selanjut pasang kembali piringan dan tutup bagian tengah piringan.

6. Selamat mencoba.

Asep Witarsa

2 komentar:

  1. bagaimana dang cara nya kalo misalnya qt pe mesin cuci taputar de pu baling" tapi de pu bunyi su mcm perang dunia ke II jadi torang perumah mc mo baku perang !!!!!!!

    BalasHapus
  2. dmn bs d dapatkan per sel pembuangan n sel pembuabgan Type NA-W40A4.. mohon infox7bf045fb

    BalasHapus